Back To Top

Administrasi Guru, RPP, Silabus, Kurikulum, Struktur Kurikulum, Kaldik, KKM, Nilai, Software, Modul, Tutorial, Normatif, Adaptif, Produktif, Mulok, KTSP, K13, Download, Modul, Mapel, Soal, Remidiasi, Software, Hardware, Wifi, Hotspot, LAN, Komputer

ikuti blog

Autosurf Websyndic

Elektronika Dasar : Manfaat Dasar dari Kelistrikan


Elektronika Dasar : Manfaat Dasar dari Kelistrikan

Elektronika Dasar : Manfaat Dasar dari Kelistrikan - Listrik merupakan suatu bentuk tenaga atau energi seperti panas,cahaya, tenaga mekanik dan tenaga kimiawi. Energi listrik mempunyai kelebihan dibanding dengan energi lain diantaranya ialah:
  1. Energi listrik lebih mudah disalurkan
  2. Energi listrik lebih mudah didistribusikan kedaerah yang luas
  3. Energi listrik dapat lebih mudah diubah kedalam bentuk energi lain,misalnya menjadi energi panas, cahaya, tenaga mekanik, kimiawi.
Kita menggunakan istilah listrik apabila listrik itu digunakan untuk menjalankan motor listrik, menyalakan lampu, menghasilkan panas dan membuat maknit listrik. Sedangkan istilah elektronik pada umumnya kita pakai apabila listrik itu digunakan untuk menyalakan pesawat radio, televisi, amplifier, komputer dan lain-lain alat eletronik yang memakai transistor atau IC.

Penggunaan listrik:

  1. Dalam rumah tangga digunakan untuk menyalakan lampu, memanaskan seterika listrik, menyalakan kipas angin (Fan), menyalakan radio, TV, tape, amplifier, coolcas, pompa air, dll.
  2. Dalam dunia perdagangan dan inustri, listrik digunakan untuk pesawat telepon, alat-alat komunikasi radio, komputer, mesin-mesin produksi seperti mesin bubut, gerinda, yang menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya.
  3. Untuk angkutan listrik digunakan untuk menjalankan kereta api listrik, mobil listrik.