Back To Top

Administrasi Guru, RPP, Silabus, Kurikulum, Struktur Kurikulum, Kaldik, KKM, Nilai, Software, Modul, Tutorial, Normatif, Adaptif, Produktif, Mulok, KTSP, K13, Download, Modul, Mapel, Soal, Remidiasi, Software, Hardware, Wifi, Hotspot, LAN, Komputer

ikuti blog

Autosurf Websyndic

Persyaratan Sekolah Pelaksana UN-CBT - Computer Based Test | Ujian Nasional Berbasis Komputer 2015

https://plus.google.com/108269895555856026237/posts

Pada pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2015 telah muncul wacana Ujian Nasional berbasis komputer walaupun belum dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia.

Computer Based Test (CBT)

Computer based test (CBT) adalah sistem ujian nasional yang menggukan sistem komputer. Istilah ini sering disebut dengan UN-CBT, yang mana pada tahun sebelumnya atau yang masih berjalan di sebagian besar wilayah Indonesia pada umumnya adalah ujian nasional berbasis kertas (Paper Based Test).
Persyaratan Sekolah Pelaksana UN-CBT - Computer Based Test | Ujian Nasional Berbasis Komputer 2015
Gambar: UN-CBT (Computer Based Test) 2015

Paper Based Test (PBT)

Paper based test (PBT) adalah sistem ujian nasional dengan menggunakan naskah soal dan lembar jawaban ujian nasional (LJUN) berbasis kertas. Istilah ini sering disebut dengan UN-PBT.
Persyaratan dan kriteria sekolah untuk melaksanakan computer baset test (UN-CBT)

Persyaratan dan Kriteria Sekolah / Madrasah yang dapat melaksanakan UN-CBT (Ujian Nasional – Computer Based Test) Ujian Nasional berbasis Komputer;


1.      Diutamakan sekolah atau madrasah yang mendapatkan akreditasi A

2.      Tersedia sarana dan prasarana yang memadai yaitu sebagai berikut;


-          Memiliki PC atau komputer atau laptop sebagai client sejumlah minimal 1/3 jumlah siswa dengan cadangan minimal 1/10-nya

-          Memiliki komputer Server yang dilengkapi denga UPS

-          Memiliki jaringan lokal (LAN) dengan kabel

-          Memiliki koneksi internet dengan speed yang bagus

-          Memiliki genset (suplay) Listrik dengan kapasitas yang cukup

-          Memiliki ruangan yang cukup 

Jadwal Pelaksanaan Ujian Nasional berbasis komputer (Computer Based Test)

Bahwa pelaksanaan UN-CBT atau ujian nasional berbasis komputer tahun 2015 untuk jenjang SMA / MA program IPA dan IPS adalah dimulai pada hari Senis tanggal 13 April 2015 sampai dengan hari Selasa 21  April 2015 dengan rincian sebagai berikut.
Persyaratan Sekolah Pelaksana UN-CBT - Computer Based Test | Ujian Nasional Berbasis Komputer 2015
Jadwal UN-CBT 2015
Adapun pelaksaan ujian susulan atau UN-CBT susulan untuk SMA / MA tahun 2015 adalah dimulai pada hari Senin tanggal 27 April 2015 sampai dengan hari Rabu tanggal 29 April 2015 dengan rincian sebagai berikut.
Persyaratan Sekolah Pelaksana UN-CBT - Computer Based Test | Ujian Nasional Berbasis Komputer 2015
Jadwal UN-CBT 2015 Susulan
Semuda data yang tersebut diatas adalah didasarkan pada POS UN 2015 atau Prosedur Operasional Standar penyelenggaraan Ujian Nasional 2015 yang dikeluarkan oleh BSNP pada peraturan-nya nomor 0031/P/BSNP/III/2015 tentang prosedur operasional standar pelaksanaan ujian nasional tahun pelajaran 2014/2015.