Back To Top

Administrasi Guru, RPP, Silabus, Kurikulum, Struktur Kurikulum, Kaldik, KKM, Nilai, Software, Modul, Tutorial, Normatif, Adaptif, Produktif, Mulok, KTSP, K13, Download, Modul, Mapel, Soal, Remidiasi, Software, Hardware, Wifi, Hotspot, LAN, Komputer

ikuti blog

Autosurf Websyndic

Panduan Belajar Microsoft Office 2007

https://plus.google.com/108269895555856026237/posts

Tingginya minat belajar masyarakat untuk menguasai (bisa) microsoft office atau otomasi perkantoran, menjadikan buku, tutorial, ebook panduan belajar microsoft officeseperti microsoft word, excel dan powerpoint  banyak  dicari.
Berangkat dari hal tersebut di atas, saya mencoba mengumpulkan (baca: merangkum) beberapa artikel yang sebagian telah diterbitkan di blog umardanny.com  sebagai dasar panduan Anda belajar  microsoft office.
Panduan ini saya coba susun langkah demi langkah, agar kiranya mudah dimengerti oleh Anda yang ingin menguasai microsoft office.
Panduan belajar microsoft office ini menggunakan microsoft office 2007, dengan materi pembelajaran sebagai berikut :

1. PANDUAN belajar microsoft word 2007

Pada panduan belajar microsoft word ini, materi yang dibahas antara lain :

Sebuah. Bekerja DENGAN Microsoft word 2007

Langkah pertama untuk belajar bisa dimulai dari sini, dimana materi ini berisikan panduan awal yaitu pengenalan apa itu microsoft word, kemudian diikuti dengan membuka microsoft word 2007, mengenal bagian dokumen, membuat file dan menyimpannya, membuka file dokumen,  menutup file dokumen, dan lain-lain. Selengkapnya silahkan anda baca dan download materinya, pada tulisan di bawah ini:

b. Contoh pembuatan surat lamaran kerja

Pada tulisan ini, materi yang dibahas adalah contoh pembuatan surat lamaran kerja dengan proses pengerjaan menggunakan pengaturan jenis font/huruf,  spasi, page layout (kertas yang digunakan, margin, indent, alignment) dan mencetak dokumen yang telah dibuat ke dalam printer. Silahkan baca, dan download contoh surat lamaran kerjanyanya, di bawah ini:

c.  Membuat dokumen menjadi dua kolom.

Materi ini membahas penggunaan drop cap, column, change case,  autofit,  formula di ms.word seperti average/nilai rata-rata dan pembuatan page number. Silahkan baca pada materi ketiga, di bawah ini:

d. Langkah-langkah menyisipkan/memasukkan gambar ke dalam dokumen ms.word

Materi ini membahas pembuatan struktur organisasi, menyisipkan gambar dan pembuatan grafik. Silahkan baca pada artikel:

e. Langkah-langkah untuk memprotect dokumen

Tulisan pada materi ini adalah cara mengamankan dokumen microsoft word yang  telah kita buat, dengan memproteknya menggunakan password ..Silahkan baca materi lengkapnya:

f. Pembuatan surat merger

Pada materi ini anda akan membuat banyak surat dengan format dan isi yang sama dengan cepat. Baca tulisan selengkapnya di bawah ini:

2. PANDUAN Belajar Microsoft Powerpoint 2007

a. Membuat contoh slide powerpoint dengan template/tema yang sama


Pada Panduan belajar powerpoint, Materi pembelajaran berisikan pengenalan powerpoint seperti cara membuka powerpoint, mengenal bagian halaman lembar kerja dan contoh membuat presentasi  tentang internet disertai langkah-langkahnya. Selengkapnya, silahkan baca tulisan di bawah ini:

b. Membuat contoh slide powerpoint dengan banyak thema (multiple template)

Untuk membaca tulisan ini, silahkan klik:

3. PANDUAN Belajar Microsoft Excel 2007

Materi panduan belajar microsoft excel, materi yang berisikan :

Sebuah. Mengenal microsoft excel 2007

Panduan ini berisikan langkah-langkah membuka dan menjalankan ms excel, mengenal komponen/bagian ms excel, membuat dokumen baru, menyimpan dokumen dan lain-lain. Silahkan baca dan download materinya, pada tulisan di bawah ini:

b. Berkenalan dengan fungsi microsfot excel

Panduan ini berisikan materi mengenal lebih jauh tentang fungsi dan rumus ms. Excel, seperti: fungsi mid, left, right, lower, upper, time, date, mod, concatenate, statistik, dan logika. Selengkapnya, silahkan baca:

b. Pengunaan fungsi fungsi SUM, rata-rata, max, min Dan COUNTA

Panduan materi ini membahas pengunaan fungsi maupun rumus yang ada di excel, seperti: SUM, AVERAGE, max, min dan counta. Silahkan baca materinya, pada tulisan di bawah ini:

c. Fungsi fungsi Pengunaan jika

Panduan ini membahas fungsi if yang dikombinasikan dengan fungsi AND dan rumus-rumus/formula excel lainnya. Baca artikelnya pada tulisan di bawah ini:

d.  Penggabungan fungsi vlookup dengan fungsi dan rumus excel

Pada panduan ini dijelaskan dari contoh soal yang ada, dimana fungsi vlookup dikombinasi dengan rumus (formula) dan fungsi excel lainnya seperti mid dan left.

e. Pengunaan fungsi vlookup dan hlookup dengan kombinasi rumus-rumus (formula) excel lainnya

Pada panduan belajar rumus dan fungsi vlookup hlookup ini, dijelaskan langkah-langkah pengerjaan soal dengan menggunakan fungsi vlookup dan hlookup. Silahkan baca dan download materinya pada artikel di bawah ini:

f. Membuat grafik di excel

Panduan ini menjelaskan langkah-langkah pembuatan grafik di ms excel 2007. Silahkan baca tutorialnya, di bawah ini:
Semoga panduan belajar microsoft office 2007, dapat bermanfaat bagi anda. :)

Baca Juga Artikel Lainnya: