Back To Top

Administrasi Guru, RPP, Silabus, Kurikulum, Struktur Kurikulum, Kaldik, KKM, Nilai, Software, Modul, Tutorial, Normatif, Adaptif, Produktif, Mulok, KTSP, K13, Download, Modul, Mapel, Soal, Remidiasi, Software, Hardware, Wifi, Hotspot, LAN, Komputer

ikuti blog

Autosurf Websyndic

@Pengaturan Microsoft Word Dalam Pembuatan Tulisan (Makalah, Skripsi, Jurnal)

https://plus.google.com/108269895555856026237/posts Membuat sebuah tulisan menggunakan aplikasi pengolah kata seperti microsoft word, baik itu untuk makalah, karya tulis, jurnal, skripsi ataupun tesis umumnya ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan. Dan biasanya pihak yang memberikan ketentuan tersebut (universitas, lembaga pendidikan) memberikan sebuah panduan penulisan.
Mengenai hal tersebut di atas, beberapa perubahan yang biasa dilakukan diantaranya:

Merubah Ukuran ke Dalam Cm

Bila ukuran kertas masih menggunakan inc, mm dan lain-lain. Anda harus mengubahnya ke dalam centi meter (cm), karena umumnya ukuran yang digunakan untuk pembuatan makalah, skripsi, jurnal menggunakan cm. Silahkan pilih tombol office (office button) yang ada dipojok kiri paling atas microsoft word anda yang telah terbuka, setelah itu pilih word options dilanjutkan klik advanced, scroll kursor mouse ke bawah sampai ketemu display, lalu ubahlah ke centimeters. Seperti gambar berikut di bawah ini:

mengubah ukuran unit ms word dari inc ke cm

Merubah Ukuran Margins dan Paper (Kertas)

Untuk merubah jenis kertas/paper yang digunakan, anda bisa memilih tab page layoutklik margins Ubahlah sesuai dengan panduan penulisan yang diberikan oleh lembaga pendidikan tempat dimana anda bernaung. Biasanya untuk kiri/left dan top/atas adalah 4 cm, sedangkan kanan/right dan bawah/bottom adalah 3 cm.
Setelah margins dirubah, pilih paper, bisa menggunakan letter (kuarto), A4 dan Legal(HVS Panjang). Silahkan pilih sesuai dengan instruksi panduan yang anda terima.
Untuk ukuran legal, silahkan anda rubah dulu ukuran defaultnya, yaitu height/tinggi dari 35,56 cm menjadi 33 cm (custom margin)  dengan cara mengetik/menuliskannya langsung ke bagian tersebut. Mengapa? Karena kalau anda ukur menggunakan penggaris biasa, ukuran legal (F4) yang ada, memang hanya 33 cm lebih.

Merubah Ukuran Spasi (Jarak Baris Tulisan) Dan Paragraf

Untuk merubah spasi klik tab Home, lalu klik icon line spacing, seperti gambar berikut:
icon merubah spasi di microsoft word
Untuk pembuatan skripsi, makalah spasi yang digunakan umumnya 1,5 sedangkan untuk jurnal kebanyakan spasinya adalah 1.
Untuk membuat paragraf pada tulisan, letakkan kursor pada tulisan yang ingin dijadikan paragraf, lalu kilik tab satu kali pada keyboard PC/laptop yang anda miliki. Bila tidak sesuai dengan keinginan, bisa menggunakan first line indent, lalu tarik sesuai jarak yang anda inginkan. Bila first line indent tidak muncul di microsoft word, silahkan anda klik tab View dan centang kotak ruler, agar ruler muncul dan first line indent bisa anda gunakan untuk merubah paragraf.

Mengatur Font (Huruf), Size dan Perataan Teks (Alignment)

Untuk jenis font/huruf yang digunakan, paling banyak kita temukan semua panduan menggunakan huruf times new roman dan arial, untuk merubahnya, bila huruf di microsoft word anda defaultnya menggunakan calibri, silahkan ke tab home dan rubah ke times new roman atau arial.
Disebelah huruf, ada ukuran besarnya huruf (size) yang bisa anda rubah. Umumnya ukuran huruf adalah 12 untuk isi, sedangkan untuk judul/cover adalah 14.
Perataan teks yang digunakan adalah justify atau perataan teks kanan kiri, untuk itu anda bisa menggunakan keyboard dengan menekan Ctrl dan huruf J berbarengan. Selain cara tersebut, anda bisa menggunakan icon perataan teks, seperti gambar berikut.
icon perataan teks di microsoft word
Keterangan icon di atas, dimulai dari kiri:
  • Perataan teks kiri/left, anda bisa mengklik icon tersebut atau menggunakan keyboard dengan menekan CTRL dan L berbarengan.
  • Perataan teks tengah/center, anda bisa mengklik icon tersebut atau menggunakan keyboard dengan menekan CTRL dan E berbarengan.
  • Perataan teks kanan/right, anda bisa mengklik icon tersebut atau menggunakan keyboard dengan menekan CTRL dan R berbarengan.
  • Perataan teks rata kanan kiri/justify, perataan teks yang paling banyak digunakan dalam penulisan, baik itu skripsi, makalah, jurnal, thesis dan sebagainya. Cara penggunaanya bisa dengan mengclik icon diatas, atau menekan berbarengan CTRL dan J pada keyboard laptop atau PC.
Point atau pengaturan penulisan menggunakan microsoft word di atas, merupakan pengaturan-pengaturan penting yang harus anda kuasai dalam pembuatan makalah, skripsi, thesis ataupun jurnal.

Baca Juga Artikel Lainnya: