Back To Top

Administrasi Guru, RPP, Silabus, Kurikulum, Struktur Kurikulum, Kaldik, KKM, Nilai, Software, Modul, Tutorial, Normatif, Adaptif, Produktif, Mulok, KTSP, K13, Download, Modul, Mapel, Soal, Remidiasi, Software, Hardware, Wifi, Hotspot, LAN, Komputer

ikuti blog

Autosurf Websyndic

@Simulasi Digital : Pengertian, Cara Membuat dan Tata Krama Komunikasi Email

Simulasi Digital : Pengertian, Cara Membuat dan Tata Krama Komunikasi Email
Kegiatan Belajar 2: Menerapkan Pengetahuan Komunikasi Dalam Jaringan (Daring-Online) – Melaksanakan Komunikasi DaringAsinkron

1. menjelaskan bentuk komunikasi daring asinkron: e-mail,
2. membuat akun dan menggunakan e-mail,
3. menerapkan tata krama dalam komunikasi asinkron.

1. menjelaskan bentuk komunikasi daring asinkron: e-mail, 

# Kepanjangan dari Electronic mail, lebih familiar dengan nama email atau e-mail, di indonesia SUREL
# Ada sejak tahun 1993
# Protokol yang digunakan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), digunakan untuk pertukaran antar server
# POP or IMAP, digunakan untuk mendownload pesan dari server
# Kelebihan email dri surat biasa :
@ e-mail akan langsung terkirim ke alamat tujuan dalam waktu yang singkat
@ e-mail dapat menampung lampiran (attachment) berupa file digital
@ Sebagian besar e-mail tidak memerlukan biaya selain untuk koneksi Internet
# Segi layanan dibagi 2,
@ E-mail gratis adalah kegiatan surat menyurat melalui jaringan Internet tanpa
mengeluarkan biaya dalam penggunaannya
ex :  AOL Mail, Gmail, Outlook.com and Yahoo! Mail
@ E-mail berbayar adalah kegiatan surat-menyurat melalui jaringan Internet yang dikenai biaya tambahan.
ex : Sebagai contoh yahoo! mail plus dengan berbagai layanan tambahan,tambahan kapasitas e-mail, perlindungan terhadap virus, bebas iklan, dan berbagai layanan tambahan lainnya

2. membuat akun dan menggunakan e-mail, 

Menjelaskan langkah2 membuat email Google

3. menerapkan tata krama dalam komunikasi asinkron.


  1. Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan
  2. Tidak menuliskan seluruh kalimat dengan huruf kapital. 
  3. Tidak menggunakan jenis huruf (font) yang beragam.
  4. Kejelasan penulisan subjek
  5. Segera menanggapi pesan yang diterima.